LONDON - Desainer web asal Inggris sangat terkejut mengetahui bahwa web yang ia kembangkan dimanfaatkan oleh hacker Iran untuk menyerang situs presiden Iran terpilih, Mahmoud Ahmadinejad.

Ryan Kelly sama sekali tak pernah menyangka hasil karyanya bisa ikut terlibat dalam gemuruh protes hasil pemilihan presiden Iran. Rakyat Iran yang tidak puas dengan kemenangan Mahmoud Ahmadinejad mengerahkan berbagai upaya perlawanan termasuk salah satunya memanfaatkan dunia cyber untuk menyerang berbagai kebijakan Ahmadinejad.

Ahmadinejad telah membatasi hak akses internet bagi warganya jauh hari menjelang pemilihan presiden. Hal ini menyulitkan para aktivis reformasi Iran untuk menggalang dukungan dalam melawan pemerintah. Demikian keterangan yang dikutip dari CNN, Jumat (19/6/2009).

Bagaimanapun, para aktiivs mengerahkan berbagai upaya untuk menyusup ke situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Flickr, YouTube dan lain lain untuk dimanfaatkan sebagai media protes. Sebagian lain menggunakan situs yang potensial sebagai wadah penyebar isu-isu reformis, termasuk salah satu diantara situs tersebut adalah situ milik Kelly.


Kelly baru mengetahui situsnya digunakan sebagai media protes rakyat Iran setelah menerima email dari salah satu pejabat Iran yang meminta Kelly agar menutup situsnya.

"Kami meminta Anda menutup situs untuk beberapa minggu. Saat ini para pemrotes Iran menggunakan situs Anda untuk menyerang situs lain," demikian bunyi email tersebut.

Pada saat dicek, Kelly sangat terkejut mengetahui hits situsnya melonjak tajam dari 700 menjadi 41.000 kali.

"Saya sangat syok, situs saya dipergunakan untuk kepentingan ini. Hal ini memperlihatkan betapa hebatnya internet. Bayangkan, sesuatu yang ada di London dapat menempuh jarak ribuan mil jauhnya untuk terlibat dalam berbagai persitiwa di belahan dunia manapun termasuk di Teheran," tambahnya.

Tinggginya trafik akses ke situs milik Kelly membuatnya harus menunda update situs untuk sementara waktu. Setelah menerima email dari pejabat Iran, ratusan email lain bergantian datang meminta agar Kelly membuka kembali situsnya.

"Kami mohon untuk tidak menutup situs Anda. Kami memerlukannya untuk menggalang dukungan perlawanan terhadap Ahmadinejad," demikian bunyi salah satu email tersebut.

Kelly pun mengabulkan permintaan dari email itu dan mendukung penuh perjuangan rakyat Iran agar mereka mendapatkan hasil pemilihan presiden yang demokratis.

"Saya tidak keberatan jika situs saya digunakan untuk kepentingan ini. Saya memutuskan untuk ikut ambil bagian mendukung mereka dengan memberikan fasilitas melalui situs ini," tandasnya.

Sumber : Okezone.com

0 comments:

Post a Comment

Labels

Followers

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF